Perpustakaan Kopertis Wilayah X

Oleh: Kasreno Ofet Mei - Dibaca: 2 x / Selasa, 18 April 2017 - 12:56:50 WIB / Berita

Perpustakaan memiliki peran penting sebagai penyedia informasi bagi masyarakat. Dengan tugas sebagai pengelola, penyimpan dan penyebar informasi, menjadikan perpustakaan sebagai pusat pemenuhan informasi. Pentingnya keberadaan perpustakaan ini juga dirasakan di lingkungan pendidikan tinggi. Fungsi perpustakaan di antaranya adalah untuk edukasi dan riset, dan ini mampu menunjang terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan fungsi edukasi perpustakaan merupakan sumber belajar sivitas akademika dengan koleksi yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dan fungsi riset mempersiapkan bahan pustaka yang dibutuhkan untuk penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan.
Dalam UU No 43 tahun 2007 Pasal 20 Perpustakaan terdiri atas Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Khusus. Perpustakaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah X yang meliputi daerah Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau merupakan perpustakaan khusus. Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diperuntukkan secara terbatas bagi pemustaka di lingkungan lembaga pemerintah, lembaga masyarakat, lembaga pendidikan keagamaan, rumah ibadah, atau organisasi lain. Walaupun Perpustakaan Kopertis Wilayah X bersifat khusus, perpustakaan ini tetap menerapkan sistem terbuka dalam pelayanan perpustakaan kepada sivitas akademika maupun umum diluar lingkungan Kopertis seperti di perpustakaan perguruan tinggi.
Perpustakaan Kopertis Wilayah X Padang berdiri pada tahun 1996 yang digagas oleh Koordinator Pertama yaitu Prof. Ir. Firdaus Rivai, M.Sc. Tujuan dibangunnnya perpustakaan ini untuk meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi swasta dan juga membantu mahasiswa dan dosen dalam memperdalam ilmu pengetahuannya serta pengembangan karir dosen itu sendiri. Keterbatasan perguruan tinggi swasta dalam penyediaan koleksi yang memadai, maka tugas Kopertis Wilayah X melalui Perpustakaan membantu dalam memenuhi kebutuhan tersebut untuk dosen dan mahasiswa.


Pemustaka dapat mengakses koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan Kopertis Wilayah X Padang di situs http://elibrary.kopertis10.or.id/ . Situs web ini dapat diakses dimana dan kapan saja. Jenis koleksi yang dimiliki saat ini adalah buku (monograf), koleksi rujukan, terbitan berseri, terbitan berkala, kliping dari koran Kompas dan Padang Ekspres serta jurnal online. Untuk kedepannya, perpustakaan merencanakan pengembangan koleksi kliping dalam bentuk elektronik (e-Clipping). Selain itu, jurnal online gratis yang tersedia saat ini adalah Jurnal Elektronik Kopertis Wilayah X (e-Journal). Namun, untuk mengakses jurnal online yang gratis, pemerintah telah menyediakan beberapa sumber seperti Portal Garuda DIKTI, e-Resources Perpustakaan Nasional RI, dan lain-lain.Total koleksi cetak Perpustakaan Kopertis Wilayah X sebanyak 5.218 judul dengan 42.480 eksemplar dan ± 65.000 koleksi Non-cetak (digital). Fasilitas yang disediakan di perpustakaan adalah ruang baca untuk mahasiswa, ruang baca khusus dosen, loker dan akses internet (WiFi) gratis untuk pemustaka.
Perpustakaan Kopertis Wilayah X Padang memiliki beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka yaitu layanan sirkulasi dan layanan rujukan. Pertama, layanan yang diberikan dalam sirkulasi ini adalah pendaftaran dan perpanjangan anggota perpustakaan, peminjaman dan pengembalian dan perpanjangan peminjaman koleksi perpustakaan, dan pengurusan denda keterlambatan pengembalian buku.


Kedua, layanan rujukan ini dapat dimanfaatkan pemustaka untuk konsultasi langsung dengan pustakawan mengenai informasi-informasi yang sedang mereka butuhkan. Pustakawan Kopertis Wilayah X akan membantu pemustaka menemukan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan koleksi yang ada di perpustakaan maupun diluar perpustakaan termasuk dalam mencari jurnal-jurnal yang berkaitan dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa. Semua layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemustaka di Gedung Perpustakaan Kopertis Wilayah X lantai 2.


Selain dua layanan utama tersebut, Perpustakaan Kopertis Wilayah X juga memberikan bimbingan pendidikan pemakai kepada pemustaka seperti pengenalan terhadap tata tertib selama di perpustakaan, pengenalan terhadap layanan-layanan perpustakaan, cara pemanfaatan alat bantu penelusuran informasi perpustakaan seperti katalog online (e-Library), dan lain-lain.
Adapun tata cara pendaftaran anggota baru perpustakaan adalah fotokopi KTP dan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) sebanyak 1 lembar, pas foto ukuran 2 x 1,5 sebanyak 2 lembar, surat keterangan mahasiswa/i atau dosen masih aktif di perguruan tinggi yang bersangkutan,. Kartu anggota perpustakaan berlaku selama 1 tahun.
Disamping itu, tata cara peminjaman koleksi adalah membawa kartu anggota perpustakaan, setiap anggota dapat meminjam koleksi sebanyak 3 buku per 1 minggu (mahasiswa), 4 buku per 2 minggu (dosen), 3 buku per 2 minggu (pegawai Kopertis Wilayah X), dan 50 buku per 6 bulan (PTS). Selain itu, koleksi dapat diperpanjang sebanyak 2 kali. Apabila terjadi keterlambatan pengembalian, akan dikenakan denda per buku sebesar Rp. 500,-/hari.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Perpustakaan Kopertis Wilayah X Padang, silahkan berkunjung ke Gedung Perpustakaan Kopertis Wilayah X Padang Lantai 2 di Jl. Khatib Sulaiman, Padang, telp. 0751-7056737.

Ke Atas